Artis dan Tren Nikah Muda? Jangan Tergesa-gesa!

Artis dan Tren Nikah Muda? Jangan Tergesa-gesa!

Setiap orang tentunya memiliki target masing-masing untuk menikah, termasuk bagi mereka yang memilih untuk nikah muda! Salah satu artis yang masih hangat-hangatnya dibicarakan hingga saat ini adalah pasangan selebritis Dinda Hauw dan Rey Mbayang, yang menikah pada 10 Juli 2020 lalu. Tau dong kesannya yang diam-diam, ternyata pemilik nama lengkap Khodijah Nasthiti Adinda dipersunting penyanyi sekaligus model berusia 21 tahun, sementara Dinda sendiri berusia 23 tahun.

Bukan hanya Dinda dan Rey aja nih, Sebelumnya juga ada Tegar Septian mantan penyanyi cilik juga nikah diusia muda bersama kekasihnya pada usia 18 tahun! Wah, cukup kaget ya Mampaps? Sebenarnya apa sih tujuan dari beberapa pesohor ini menikah di usia muda? Terlebih ada sosial media yang mendukung dan membuat gerakan untuk menikah muda, so tentu hal ini seolah menjadi sebuah perlombaan siapa duluan atau siapa lebih cepat menikah.

Hmmm….Padahal, menikah adalah keputusan besar! Bukan hanya perkara cinta saja, tapi tentang menjalani hidup bersama secara utuh! Betul tidak? Lalu apa sih keuntungan dan kerugian dari menikah muda? Simak penjelasannya ya:

Tren Nikah Muda

Seperti kita ketahui tren nikah muda ini memang sedang hangat diperbincangkan. Bahkan tak sedikit yang terinspirasi dan ingin menikah muda. Eits, tapi bukankah pernikahan sesuatu yang harus kita rencanakan dengan sungguh-sungguh ya, Mams. Agar tak gegabah, ketahui untung dan ruginya deh, Mampaps.

Baca Juga: Merasa ragu menjelang pernikahan, kenapa ya?

Keuntungan Nikah Muda

Nikah muda

sumber gambar: www.idotaketwo.com

Beberapa orang berpendapat, buat apa sih nikah muda? Mending nikmati dulu masa lajang nya untuk mencapai banyak peluang untuk sukses. Bahkan beberapa ada yang percaya, kalau menikah muda bisa menimbulkan perceraian. Apa benar? Eits.. Jangan salah, menikah muda ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu rasakan loh! Apa saja itu:

  • Saling Memberikan Dukungan

Siapa sih yang tidak ingin didukung dalam pencapaian hidupnya? Nah, salah satu keuntungan yang didapatkan dalam menikah mudah adalah dukungan dari orang tersayang! Seperti ingin melanjutkan Pendidikan bersama, atau menjalankan mimpi dan mewujudkannya Bersama. Tentu ini akan terasa lebih ringan bukan?

  • Berpetualang Bersama

Menikah adalah komitmen setiap pasangan untuk berpetualang hidup bersama, dengan menikah kita harus menerima kelebihan dan kekurangan pasangan. Bukan hanya itu, dengan menikah kita juga harus terbiasa dengan kehadiran seseorang yang satu atap dengan kita termasuk kebiasaan buruknya. So, hadapi petualangan dan tantangan bersama.

  • Menggapai Mimpi Lebih Cerah

Namanya juga masih muda tentunya banyak mimpi yang ingin diwujudkan! Nah, dengan menikah muda tentu kita bisa menggapai dan mewujudkan mimpi bersama pasangan dengan lebih mudah tentunya. So, jangan lupa list apa saja nih mimpi yang harus diwujudkan bersama.

Baca Juga: Rahasia Agar Langgeng! 10 Persiapan Sebelum Menikah yang Wajib Kamu Ketahui

  • Tumbuh dan Belajar Banyak Hal

Dengan menikah muda kita juga akan belajar banyak hal nih, salah satunya tumbuh semakin dewasa dan mengerti satu sama lain. Di mana menjadi pasangan suami istri adalah sebuah pelengkap, kekurangan suami adalah kelebihan istri dan begitu sebaliknya. Ibarat kata, pakaian istri adalah pakaian suami.

Kerugian Nikah Muda

Nikah muda

sumber gambar: www.kimberlysandstrom.com

Dibalik keuntungan tentu ada kerugian, termasuk bagi pasangan yang memilih menikah muda. Ada beberapa kerugian yang bida menghampiri, apa saja itu:

  • Tidak Adanya Kebebasan

Memang tidak sebebas saat masa lajang, di mana kita bisa mengekspresikan apa yang diinginkan tanpa persetujuan siapapun. Nah, jika memilih untuk menikah muda siap-siap deh untuk meminta izin pasangan dulu sebelum melakukan sesuatu.

  • Mental yang Belum Matang
Baca:  Serba Serbi Omega-6, Nutrisi Penting untuk Ibu dan Bayi

Tanggung jawab akan diri sendiri dan pasangan menjadi hal yang utama dalam menikah muda, karena campur tangan orangtua sudah mulai berangsur berkurang. Nah, biasanya jika terjadi masalah atau konflik akan ada perang ego, karena mental yang belum matang dan merasa pendapatnya lah yang paling benar.

  • Kurangnya Kesiapan

Pengalaman yang belum cukup terkadang bagi mereka yang menikah muda belum siap menghadapi hal-hal besar dalam berumah tangga, termasuk jika sudah memiliki anak. Stres bisa menjadi hal yang dialami mereka yang memilih menikah muda.

  • Perceraian

Kerugian terakhir adalah perceraian, tentu ini menjadi salah satu ketakutan bagi kita semua. Perceraian saat menikah muda bisa menjadi sebuah aib keluarga. So, sebelum memutuskan untuk menikah muda ada baiknya untuk persiapkan diri dalam berbagai hal ya.

Baca Juga: Perjanjian Pranikah? Ketahui Lebih Lanjut, Yuk!

Fakta Mengenai Nikah Muda

sumber gambar: avenuescounselingcenter.org

Sebagian orang beranggapan, menikah muda dilakukan pada usia 18 – 25 tahun! Mengapa? Karena ada beberapa fakta berikut yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menikah muda:

  • Menurut sebuah penelitian risiko kematian cenderung meningkat 2 – 4 kali lipat pada wanita yang hamil di usia muda (kurang dari 20 tahun). Ini dikarenakan organ reproduksi wanita  belum matang, sehingga berisiko terjadinya preeklamsia, eklamsia, perdarahan setelah persalinan, hingga keguguran saat hamil.
  • Terjadinya KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga, disebabkan kurang adanya kesiapan mental pasangan muda yang memutuskan untuk menikah muda.
  • Seperti yang telah dijelaskan, menikah muda sangat rentan dengan perceraian. Biasanya ini dapat disebabkan oleh permasalahan seperti perbedaan prinsip, ekonomi, perselingkuhan hingga KDRT.
  • Gangguan psikologis saat nikah muda menjadi risiko yang sangat tinggi loh! Seperti gangguan kecemasan, gangguan mood dan depresi di kemudian hari.

Baca Juga: Salah! Ini 7 Alasan yang Biasa Dipakai untuk Memutuskan Menikah

Tips Persiapan Nikah Muda

sumber gambar: www.colive.in

Namun, jika sudah mantap memutuskan untuk menikah muda yuk persiapkan mulai dari sekarang dengan mengikuti beberapa tips berikut:

  • Mulai belajar mengenai ilmu pernikahan, rumah tangga, parenting, keuangan, manajemen emosi dan hal penting lainnya agar kita dan pasangan bisa saling mengerti saat memutuskan untuk menikah muda.
  • Menabung adalah kunci utama setelah menggali ilmu, karena semua butuh modal dan kesiapan untuk membangun hidup bersama pasangan saat muda. Tidak ada salahnya kan untuk membiasakan diri menabung mulai dari sebelum menikah hingga setelah menikah, karena modal bukan hanya dibutuhkan untuk membuat pesta yang indah saja.
  • Saling berdiskusi mengenai kehidupan rumah tangga yang diinginkan, jika kalian memutuskan menikah muda dan ingin tetap melanjutkan pendidikan maka berdiskusilah untuk membagi waktu dan biaya kuliah agar semua teratasi dengan baik.
  • Saling menerima dan tumbuh bersama adalah sebuah kesiapan dalam berumah tangga, ingat menikah bukan hanya untuk saling senang saja tapi menikah juga menyatukan pikiran yang berbeda untuk mendapatkan solusi yang terbaik dalam berumah tangga.

So, apapun keputusannya bersama pasangan! Menikah muda bukan menjadi suatu hal yang menakutkan atau bukan juga menjadi ajang siapa yang cepat mendapatkan pasangan, namun menikah adalah sebuah kesiapan bagi siapapun untuk menetapkan diri hidup seatap bersama pasangan hidupnya. Semoga bermanfaat

The post Artis dan Tren Nikah Muda? Jangan Tergesa-gesa! appeared first on Mamapapa.id.