Blibli Dukung UMKM Virtual Expo 2020, Dorong UMKM Lokal Go Digital

Blibli Dukung UMKM Virtual Expo 2020, Dorong UMKM Lokal Go Digital
UMKM Virtual Expo

Solopos.com, JAKARTA – Blibli kembali menunjukkan komitmennya terhadap industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Yakni dengan menjadi e-commerce partner program UMKM Virtual Expo 2020.

Program yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dan Harian Umum Solopos ini dilakukan untuk mendukung pelaku UMKM yang terkena pandemi Covid-19. Sehingga pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usahanya secara online.

UMKM Virtual Expo merupakan rangkaian perlombaan bagi pelaku UMKM di wilayah Solo Raya (Solo dan sekitarnya). Ini termasuk seleksi, pelatihan, dan penentuan pemain UMKM yang bisa bergabung di platform Blibli.

Ada sesi pelatihan yang telah dilaksanakan mulai Juli hingga Agustus 2020. Meliputi pengembangan diri dan motivasi, pengelolaan keuangan, dan akses permodalan. Juga pelatihan pemasaran 4.0, pengetahuan logistik, dan memanfaatkan pemasaran dan pembayaran online.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo bersama Solopos Gelar UMKM Virtual Expo 2020

Mulai September hingga Desember 2020, Blibli akan menampilkan laman khusus UMKM Virtual Expo, yang terdiri dari 25 pemain UMKM yang lolos seleksi tahap pertama. Selama periode ini, pelaku UMKM akan terus dipantau dan diberikan pendampingan. Sehingga mereka dapat memanfaatkan platform e-commerce untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, halaman khusus UMKM Virtual Expo juga akan menjadi bagian dari kategori produk Galeri Indonesia di Blibli. Dimana kategori ini merupakan kategori khusus yang memberikan kurasi untuk produk UMKM Indonesia.

Bangga dibuat di Indonesia

Kolaborasi ini merupakan wujud inisiatif Blibli yang berkelanjutan untuk mendukung pelaku UMKM. Apalagi di tengah situasi pandemi saat ini sehingga mereka bisa terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Hal ini tentu saja sejalan dengan kampanye # BecauseLocalNo1 Blibli, yang merupakan bukti nyata dukungan Blibli terhadap program gerakan nasional pemerintah Indonesia, Bangga Made in Indonesia.

“Blibli menyambut baik inisiatif Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Solo yang memiliki visi yang sama untuk mendorong UMKM maju melalui penggunaan platform e-commerce. Blibli akan terus mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi dalam mendukung UMKM. Sehingga bisa menjalankan usahanya dalam situasi yang penuh tantangan saat ini, ”ujar Wakil Presiden (VP) Blibli Galeri Indonesia, Andreas A. Pramaditya.

PLN Turunkan Tarif Listrik Ketujuh Kelompok Ini

“Kegiatan UMKM Virtual Expo menjawab tantangan pemulihan perekonomian di tengah situasi pandemi saat ini. UMKM pernah mengalami penurunan omzet penjualan. Jadi mau tidak mau harus tahu dan pakai platform digital. Oleh karena itu, kita bekerja sama dengan Solopos dan Blibli untuk mengedukasi UMKM dalam memanfaatkan platform digital, ”ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Bambang Pramono.

Baca:  Hati-Hati, Rumah Berantakan Bisa Jadi Penyebab Masalah Psikologis

Pada kesempatan yang sama, Business Director Solopos Group Suwarmin mengatakan UMKM memberikan kontribusi 90% bagi perekonomian negara. Situasi Covid-19 saat ini telah menyebabkan sejumlah pelaku ekonomi usaha kecil mengalami penurunan omzet.

“Kita tahu, saat ini banyak orang yang menggunakan platform digital untuk aktivitas, termasuk belanja online. Oleh karena itu, kami menggagas kegiatan untuk membantu UMKM go digital. Dan hal ini disambut baik oleh Bank Indonesia dan Blibli,” kata Suwarmin.

UMKM Virtual Expo yang baru pertama kali digelar berhasil menyedot ratusan pendaftar. Akhirnya terpilih 25 UMKM untuk didampingi Blibli selama empat bulan untuk berjualan online di platform Blibli. Dimana bidang usaha yang dilakukan oleh para pelaku UMKM tersebut meliputi kategori kuliner, fashion, dan kerajinan.

Strategi bisnis

25 peserta yang terpilih antara lain: Ummika Brownie, Kaiyacraft, Jewel Ethnic Wear, Karak Super Mbah, Ratu Snack, dan Omah Keripik Pak Kenthut. Kemudian CIL-CIL Craft, SDK Batik, Wedang Jahe Instan Nusantara, Dapur UmiQu, Batik Naufakencana, dan Hijab Amalove. Selanjutnya Rumah Knit Cinta, Gliks Indoproject, Dapoer Enik Enik, NooRy Cake and Bakery, dan Niti Sari. Kemudian Bolen Pisang Ennys, Jakadutz, Fancy Chocolate, Snack Works, Fancy Copper, Mushroom Mezzaluna, Mutiara Prima dan Cavatoz.

“Semoga UMKM terpilih ini dapat berpartisipasi dalam pendampingan dengan baik, memiliki komitmen, dan memiliki semangat yang tinggi. Sehingga dapat terus mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan platform e-commerce,” pungkas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bambang Pramono.

Pencairan Subsidi Gaji Pegawai Meleset Target Selisih Rp7,89 Triliun

Blibli senantiasa berupaya memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan dan membuka peluang bisnis yang lebih besar bagi mitra penjual, termasuk para pelaku UMKM. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Customer Satisfaction First dimana pelanggan menjadi prioritas utama # BecauseKamuNo1 dan terus mendukung produk lokal # DueLokalNo1.

Untuk mengetahui informasi lebih detail tentang halaman khusus UMKM Virtual Expo di Blibli, Anda dapat mengakses link berikut: Blibli.com/umkmvirtualexpo. Pada halaman ini Blibli juga menghadirkan halaman Kreasi Kreatif UMKM Jawa Tengah sebagai halaman khusus berbagai produk dari UMKM di Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan untuk mengetahui informasi lebih detail tentang program produk lokal yang dipilih # Karena LocalNo1 dapat mengakses link berikut: Blibli.com/banggabuatanindonesia.

Postingan Blibli Dukung UMKM Virtual Expo 2020, Dorong UMKM Lokal untuk Go Digital muncul pertama kali di Solopos.com.