Embung Setumpang di Mojogedang Karanganyar Tawarkan Wisata Selfie Tema Pertanian

Embung Setumpang di Mojogedang Karanganyar Tawarkan Wisata Selfie Tema Pertanian
embung setumpang

Solopos.com, KARANGANYAR – Tanah di Gentungan, Mojogedang, Karanganyar yang dulunya hanya waduk dan persawahan, kini disulap menjadi destinasi wisata baru. Tempat wisata di kawasan Embung Setumpang hadir dengan konsep edukasi pertanian yang diresmikan pada Kamis (13/8/2020).

Tempat wisata ini menawarkan sensasi perjalanan baru bagi penghuninya. Spot potret diri dengan konsep pertanian dan air ini menjadi daya tarik wisata unggulan yang dirintis oleh warga dan kelompok tani.

Polemik DPD PAN Solo, Begini Reaksi DPW PAN Jateng

Uniknya, spot-spot foto tersebut diberi nama romantis seperti jembatan cinta, terowongan cinta, pondok cinta, kubah cinta, dan ayunan cinta. Selain itu, suasana pertanian dengan latar belakang persawahan dan aktivitas petani menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata ini.

Salah satu pelopor wisata pertanian Embung Setumpang, Hasyim, mengatakan nama Setumpang diambil karena di sebelahnya terdapat Sungai Setumpang dan batu untuk ritual adat pada musim tanam. Sehingga berdasarkan sejarah dan kedekatan lokasinya maka waduk tersebut dinamakan Setumpang.

“Nama sudah disepakati karena ada nilai sakral. Karena sekitar 100 meter ada Sungai Setumpang. Jadi embung dan wisatanya disebut sama,” terangnya kepada Solopos.com, Sabtu (15/8/2020).

Solo Pilkada 2020: Astrid Suntani Dekati Syailendra Cucu Pakubuwono XII

Hasyim menjelaskan, pihaknya ingin mengembangkan pariwisata dengan berkonsentrasi pada sektor pertanian sebagai nilai jual. Namun, untuk menambah daya tariknya, ditambahkan berbagai wahana air bertema romantis dan spot foto.

“Kedepannya kita sangat ingin semua itu berbau agraris. Tapi pelan-pelan. Sembari mengembangkan lebih baik. Untuk sementara ini akan kita perkuat dulu,” jelasnya.

Untuk bisa menikmati wisata pertanian Embung Setumpang, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 2.000 per orang dan Rp 5.000 untuk wahana bebek air berkapasitas hingga tiga orang, dan Rp 5.000 per orang berenang.

Baca:  Resep Odading Mang Oleh, Bikin di Rumah Aja Yuk Mams!

Buntut kisruh di Desa Mertodranan, Polisi Solo menggerebek 3 lokasi tersebut

Pos Embung Setumpang di Mojogedang Karanganyar Menawarkan Wisata Selfie Bertema Pertanian muncul pertama kali di Solopos.com.