Hati-Hati, Rumah Berantakan Bisa Jadi Penyebab Masalah Psikologis

Hati-Hati, Rumah Berantakan Bisa Jadi Penyebab Masalah Psikologis
Ilustrasi rumah berantakan (freepik)

Solopos.com, SOLO – Rumah yang bersih dan rapi tentunya menjadi impian setiap penghuninya. Apalagi kedua hal ini sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dan mood pemilik rumah.

Namun sebagian masyarakat masih mengabaikan kebersihan rumah dengan alasan lelah beraktivitas seharian. Bagi mereka, merapikan dan membersihkan rumah memang melelahkan dan sulit dilakukan.

Perlu diketahui, rumah yang berantakan bisa menimbulkan berbagai masalah psikologis bagi pemiliknya. Dikutip dari Rumah.com, Berikut ini beberapa masalah psikologis yang disebabkan oleh rumah yang berantakan.

Pembiayaan Syariah Untuk Properti Hunian Kini Menjadi Tren

Suka menyembunyikan masalah

Jika Anda termasuk orang yang memperhatikan tata letak rak buku, menjaga lantai tetap bersih dan wangi, serta menata furnitur secara estetis, Anda bisa menjadi orang yang rapi. Namun, jika Anda hanya sekali membuang sampah di laci, rak atau lemari, ini bisa menjadi indikator bahwa Anda sebenarnya adalah orang yang malas.

Kondisi ini bisa menunjukkan bahwa Anda sebenarnya memiliki kepribadian yang dramatis. Ciri yang paling menonjol adalah Anda suka menunjukkan sisi terbaik dari kepribadian Anda dan ingin membuat orang lain terkesan. Selain itu, Anda lebih suka menyembunyikan barang-barang lama yang tidak berguna daripada membuangnya.

Memenuhi Kebutuhan Perumahan yang Layak Saat Pandemi, PUPR Hidupkan Otak

Terbiasa hidup dalam suasana yang berantakan

Orang yang terbiasa hidup dalam suasana yang berantakan seperti keran yang bocor, wallpaper yang kuno dan terkelupas, atau menyimpan barang-barang lama dalam kotak, biasanya memiliki pola pikir bahwa mereka akan pindah ke tempat tinggal baru tetapi nyatanya tidak.

Menurut mereka, ketidaknyamanan hunian hanya bersifat sementara dan bisa ditoleransi. Jika Anda termasuk orang yang demikian, perlu Anda waspadai bahwa kondisi ini bisa membuat Anda terganggu secara psikologis sehingga Anda terbiasa hidup dengan rumah yang berantakan.

Baca:  Apa Benar Masalah Hubungan Suka Muncul Tiba-Tiba?

Kurang bergairah

Perlu diperhatikan bahwa rumah yang berantakan akan berdampak negatif pada keseharian Anda. Dapur yang berantakan akan membuat Anda tidak makan dan tidak bersemangat tentang hari itu.

Menurut orang yang malas, membersihkan rumah bukanlah hal yang penting sehingga kegiatan yang sangat bermanfaat dikesampingkan. Jika dibiarkan lebih lama, kondisi rumah pasti akan semrawut. Perlu diketahui juga, orang dengan kondisi ini juga merasa kesulitan untuk memulai dengan langkah awal yang kecil sekalipun.

Musim Hujan Datang, Cegah Rumah Basah Dan Bocor Dengan Cara Ini

Kurang mementingkan kebersihan diri

Jika kamar mandi Anda memiliki banyak barang untuk perawatan dan kebersihan tubuh, artinya Anda menjaga dan menjaga kebersihan diri. Namun jika sebaliknya yang terjadi di kamar mandi, bisa dipastikan Anda adalah orang yang tidak peduli dengan kebersihan diri.

Selain itu, kamar mandi yang tidak terawat dengan baik dan terkesan kotor akan membuat Anda malas untuk membersihkan diri dan terbiasa dengan kondisi tubuh yang kurang bersih.

Postingan Hati-hati, rumah yang berantakan bisa jadi penyebab masalah psikologis muncul pertama kali di Solopos.com.