Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Cepat Mengantuk

Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Cepat Mengantuk

Seperti yang kita ketahui, dunia orang dewasa penuh dengan rangkaian rutinitas, tugas, dan tanggung jawab yang tiada akhir. Tentunya badan akan terasa sangat lelah. Namun, mengapa kebanyakan dari kita malah mengalami insomnia?

Bukankah aktivitas sehari penuh cukup membuat kita mengantuk? Namun, fakta mengatakan sebaliknya: bermain smartphone, menonton drama Korea sampai Anda hanya membuka mata dan menatap dinding langit-langit di atas. Bagaimana kamu bisa tidur, ini?!

Tenang, tarik napas dalam-dalam dan buang napas perlahan. Soalnya, Popbela punya 5 saran kebiasaan agar kamu bisa bangun pagi agar cepat mengantuk. Ini dia!

1. Kurangi kontak dengan layar dawai

Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Ngantuk

Jangan menepis fakta bahwa zaman modern sangat bergantung pada teknologi. Tanpa pengecualian dawai, seperti televisi, smartphone, laptop dan semacamnya. Benda-benda tersebut memanfaatkan layar yang memancarkan sinar biru atau biasa disebut cahaya biru.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa cahaya biru ada di layar dawai bisa merusak mata. Namun tahukah anda? Melansir dari TeenVogue, pakar kesehatan Dr Bobbi Hopkins mengatakan bahwa cahaya biru juga menyebabkan insomina.

Dia berkata, "Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kesulitan tidur atau kurang tidur disebabkan oleh penggunaan teknologi. Semua (penggunaan) smartphone, tablet, video game, dan televisi harus dihentikan setidaknya satu jam sebelum waktu tidur."

2. Bersiaplah untuk kebutuhan esok hari

Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Ngantuk

Seperti yang disinggung oleh Dr. Bobbi Hopkins sebelumnya, kegiatan terkait dengan dawai harus dihentikan. Artinya, Anda harus menggantinya dengan aktivitas lain. Tapi itu memang ada Iya, aktivitas bermanfaat sebelum tidur?

Dalam wawancaranya, dokter yang juga melayani pasien di rumah sakit anak tersebut menyarankan agar setiap individu sibuk mempersiapkan kebutuhan esok hari. Mulai dari menyiapkan baju untuk dipakai hingga bahan sarapan.

Dengan persiapan ini, otak Anda akan berputar dan tubuh Anda pun ikut bergerak. Alhasil, satu jam sebelum tidur, Anda bisa merasa lelah dan mengantuk. Itu berarti bisnis kecil yang sukses meminimalkan gejala insomnia Anda.

3. Kembangkan jadwal harian

Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Ngantuk

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengontrol tubuh Anda? Secara khusus, Anda dapat memaksakan "program" pada apa yang tubuh Anda harus atau tidak boleh lakukan. Ini bisa diterapkan dengan menyusun jadwal harian.

Baca:  A-Spot yang Katanya Lebih Sensasional Dibanding G-spot

Pasalnya, dr Bobbi menjelaskan bahwa jadwal harian akan mengatur seseorang untuk mengatur kegiatan berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Di sisi lain, aktivitas berlari tanpa jadwal harian menyebabkan tertundanya aktivitas tidur larut malam.

Untuk itu pikirkan apa yang harus Anda lakukan, tulislah dalam bentuk daftar, lalu tentukan waktu untuk melakukannya. Dengan cara ini, otak Anda akan menangkap apa yang Anda inginkan dan mencoba untuk fokus saat melakukannya. Termasuk tidur tepat waktu.

4. Kegiatan di ruangan beraroma khusus

Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Ngantuk

Tahukah kamu? Aroma tersebut sebenarnya memiliki efek tersendiri bagi tubuh Anda. Tanpa terkecuali dalam memberi efek relaksasi serta dorongan untuk tidur. Baik, Kedua hal tersebut bisa dirasakan jika Anda beraktivitas di ruangan yang wangi segar.

Peluncuran dari TeenVogue, a kepala petugas klinis bernama Barbara Nosal, PhD, menjelaskan aroma itu segar yang berasal dari minyak esensial dan lavender adalah pilihan terbaik.

Anda juga tidak perlu membuat bahan yang berlebihan. Hanya beberapa tetes cairan aromatik ke dalam penyebar, nyalakan lilin beraroma, atau semprotan kabut aromatik ke udara. Sudah pasti kamar Anda akan dipenuhi dengan aroma ini.

5. Lakukan meditasi suara

Insomnia? Bangun 5 Kebiasaan Yang Membuat Anda Cepat Ngantuk

Anda pasti sudah familiar dengan apa yang disebut meditasi. Mungkin, Anda juga sering melakukannya. Namun tahukah Anda bahwa meditasi yang efektif meminimalkan gejala insomnia harus menyertakan suara tertentu?

Berdasarkan Live Science, suara air dapat mengalihkan perhatian Anda dari suara lain yang masih terdengar saat Anda tidur. Misalnya, suara tetangga & # 39; suara yang mencapai kamar tidur Anda atau suara TV yang masih dinyalakan oleh anggota keluarga.

Baik, Sebagai saran, Anda bisa mendengar suara air di alunan musik instrumental dengan nuansa natural. Anda juga dapat mencoba mendengarkan alunan instrumental dengan suara lain yang berhubungan dengan alam. Pasti santai dan dialihkan dari gangguan.

Jadi, Anda akan mulai membangun kebiasaan mana dulu, sini?