Kentut Terus-terusan? Simak 9 Langkah Praktis untuk Mengurangi Kebiasaan Ini

Perut kembung atau dikenal sebagai kentut adalah istilah medis ketika tubuh melepaskan gas dari sistem pencernaan melalui anus. Anda tidak perlu malu kentut, ini proses yang normal. Hal yang perlu dikhawatirkan adalah jika Anda terlalu sering kentut.

Bagaimana cara mengurangi kentut yang membandel?

kurangi kentut

Dari laman Mayo Clinic, diperkirakan kentut normal sekitar 10-20 kali sehari. Nah, jika terlalu sering, hal ini justru akan mengganggu, atau bahkan bisa jadi merupakan tanda suatu penyakit.

Untuk mengurangi kentut terus-menerus, berikut cara praktis yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Kurangi makanan yang mengandung gas tinggi

Bukan berarti harus dihindari, karena beberapa makanan tersebut justru menyehatkan tubuh Anda. Namun jika Anda mudah merasa kembung dan terlalu sering kentut, ada baiknya untuk mulai mengurangi makan makanan yang dapat menghasilkan gas.

Di bawah ini adalah daftar bahan makanan yang harus dihindari agar tidak terus menerus kentut.

  • Gila
  • Kubis
  • kismis
  • Bawang
  • Brokoli
  • Kol bunga
  • Jamur
  • Bir dan minuman berkarbonasi lainnya

Di usus besar, makanan ini diuraikan oleh bakteri di usus. Proses penguraian menghasilkan gas yang kemudian dikeluarkan dari anus sebagai kentut.

Selain itu, makanan tertentu seperti bawang merah dapat menyebabkan produksi gas yang mengandung sulfur. Adanya kandungan ini menyebabkan kentut berbau tak sedap.

2. Makan dan minum perlahan

Saat makan, pastikan Anda mengunyah makanan secara perlahan untuk mengurangi jumlah udara yang Anda telan. Terlalu banyak udara yang terkumpul dalam pencernaan akan menjadi cikal bakal gas yang akan Anda keluarkan.

3. Hindari pemanis buatan untuk mengurangi kentut

Gula buatan seperti sorbitol dan manitol biasanya ditemukan dalam permen, permen karet, dan produk makanan bebas gula.

Bagi sebagian orang yang tubuhnya memiliki toleransi rendah terhadap zat ini akan menyebabkan diare dan peningkatan gas buang.

4. Olahraga teratur untuk meningkatkan pencernaan

Olahraga dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan, termasuk usus. Ini akan membantu mencegah kembung dan memperlancar aliran gas dalam sistem pencernaan.

5. Kurangi konsumsi makanan tinggi serat untuk sementara waktu

Serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, banyak makanan berserat tinggi berperan sebagai penghasil gas. Sebaiknya kurangi makanan berserat tinggi terlebih dahulu untuk mengurangi produksi gas berlebih. Saat sudah membaik, tambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda secara perlahan.

6. Kurangi kebiasaan menelan udara

Kebiasaan sehari-hari tanpa disadari memicu tubuh untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. Misalnya merokok, mengunyah permen karet, minum dari sedotan juga bisa meningkatkan volume udara yang menumpuk ke dalam lambung.

7. Minum teh kamomil

Teh kamomil dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan, termasuk saat gas terperangkap dalam perut kembung. Minum teh kamomil sebelum makan dan menjelang tidur dianjurkan untuk mengurangi kentut berulang.

8. Minum larutan cuka sari apel

Encerkan satu sendok makan cuka sari apel dalam minuman, misalnya dengan air mineral atau teh. Minum sebelum makan secara teratur. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Campuran cuka sari apel ini bisa mengurangi kentut yang berlebihan.

9. Arang aktif

Arang aktif alias arang aktif dapat membantu mengurangi gas berlebih dan kembung. Ini berbeda dengan arang yang Anda temukan di atas panggangan atau perapian. Arang aktif telah mengalami perlakuan khusus sehingga aman dikonsumsi manusia, dan sering digunakan pada makanan dan minuman.

Arang aktif biasanya berbentuk pil, contohnya norit. Saat masuk ke usus, arang aktif akan menempel pada cairan di usus untuk mengurangi gas dan kembung dengan cara membuat tinja lebih kencang, sehingga mengurangi keinginan untuk terus kentut.

Pos kentut terus-menerus? Lihat 9 Langkah Praktis untuk Mengurangi Kebiasaan Ini muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Pria Ini Mutilasi Mantan Pacar, Lalu Bawa Potongan Tubuhnya di Bus