Libur Panjang, Polda Jateng Larang Kendaraan Berat Masuk Tol

Libur Panjang, Polda Jateng Larang Kendaraan Berat Masuk Tol
Kendaraan Berat Masuk Tol

Solopos.com, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jawa Tengah) melarang kendaraan berat, seperti truk, memasuki jalan tol pada saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pengenaan kendaraan berat tidak diperbolehkan masuk ke jalan tol mulai Selasa-Rabu (27-28 / 10/2020) dan Jumat (30/10/2020). Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Rudy Syafirudin, mengatakan larangan kendaraan berat memasuki jalan tol dilakukan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di jalan tol, terutama saat libur panjang atau libur panjang akhir pekan.

Ini Respon Para Pekerja Seni Wonogiri Usai Pemkab Izinkan Syukuran dengan Hiburan

Kondisi ini juga membuat kendaraan berat tidak bisa melewati jalan tol, khususnya tol Semarang-Batang. Truk yang masuk juga akan diperintahkan keluar dari jalan tol dan melintasi jalur reguler seperti pantai utara (pantura).

“Kami naik kendaraan berat ke jalur Pantura [pantai utara]. Jadi yang melewati pantura rata-rata kendaraan berat, ”kata Syafirudin, saat meninjau arus lalu lintas di Tol Semarang-Batang, Kamis (29/10/2020).

Meski demikian, Dirlantas mengakui, polisi tidak menindak kendaraan yang melintas di jalan tol tersebut. Namun, truk yang melintas pun terpaksa berbalik arah atau langsung keluar dari jalan tol.

Dijaga oleh Aparatur

Dirlantas menambahkan, pihaknya telah menugaskan personel untuk mengemudikan dan mengeluarkan kendaraan berat yang masih melintasi jalan tol tersebut. “Jadi kalau kami mau ketemu di mana saja, kami akan singkirkan kendaraan berat yang lewat di jalan tol,” ujarnya.

Sedangkan di jalur Batang-Kendal, sejumlah kendaraan berpelat di luar Jawa Tengah terlihat memadati pintu tol. Di gerbang tol Kalikangkung yang terletak di perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal, kepadatan lalu lintas kendaraan mulai terlihat.

Kabupaten Wonogiri Kembali ke Zona Oranye, Seperti Apa Nasib Ujian Belajar Tatap Muka?

Baca:  Manfaat Jangka Panjang dari Rutin Pantau Tensi Darah Sejak Dini

Selain truk dan bus, mayoritas jalan Pantura Batang-Kendal dipadati kendaraan pribadi. Beberapa terlihat keluar dari pintu tol Kalikangkung untuk mencari tempat istirahat, dan mampir di sejumlah tempat makan.

Sejumlah pengguna jalan yang keluar dari gerbang tol Kalikangkung mengaku sengaja menghabiskan liburannya mengunjungi kerabat di wilayah Jawa Tengah.

Gibran Inisiasi Solo CreatifHub untuk Pemberdayaan Kaum Muda, Ini Programnya

Postingan Liburan Panjang Polda Jateng Larangan Kendaraan Berat Masuk Tol muncul pertama kali di Solopos.com.