Mandi Setelah Olahraga, Emang Boleh Mampaps?

Mandi Setelah Olahraga, Emang Boleh Mampaps?

Hai Mampaps yang suka olahraga. Olahraga teratur memang membuat tubuh segar dan bugar. Namun, jika Anda sudah berolahraga, apakah Anda bisa langsung mandi? Mandi sehabis olah raga mungkin akan membuat sebagian orang mempertimbangkannya, apalagi dalam kondisi yang masih sangat berkeringat. Ayo cari tahu, Mampaps

Alasan Tidak Mandi Setelah Olahraga atau Berkeringat

Usai berolahraga membuat tubuh terasa berkeringat, bau, dan lengket. Hal inilah yang biasanya membuat Mampaps ingin segera mandi. Namun, ada baiknya jika usai berolahraga berikan jeda waktu antara berolahraga dan mandi. Jangan langsung selesai berolahraga dan segera mandi, hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: 10 Jenis Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Pasalnya, saat berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Ini membuat suhu tubuh Anda naik dan jantung Anda berdetak lebih cepat.

Jika Mampaps langsung mandi setelah berolahraga, dikhawatirkan pembuluh darah akan melebar dan membuat Mampaps rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa tiba-tiba menyerang seperti serangan jantung.

Dampak Mandi Segera Usai Berolahraga

Selain serangan jantung di atas, efek lain dari mandi setelah berolahraga antara lain:

Ruam kulit

Selain risiko serangan jantung, mandi segera setelah olahraga juga kurang baik karena dapat meningkatkan risiko timbulnya ruam dan gangguan kulit akibat meningkatnya pertumbuhan bakteri pada kulit akibat tubuh berkeringat.

Penurunan Fungsi Kelenjar Keringat

Saat berolahraga, pori-pori akan terbuka. Kelenjar keringat akan mengeluarkan panas dan racun dari dalam tubuh. Jika Mampaps langsung mandi saat fungsi tubuh ini bekerja, hal ini membuat kinerja sistem kelenjar keringat menurun.

Baca Juga: Wajib Tahu! Melahirkan dengan lancar dengan olahraga berikut

Risiko Sakit Kepala

Perubahan suhu yang terjadi terlalu drastis sehingga membuat tubuh kaget dan mengakibatkan sakit kepala atau pusing.

Baca:  Luka Keloid Pasca Operasi Caesar Mengganggu? Hilangkan Yuk, Mams!

Kapan waktu yang tepat untuk mandi setelah berolahraga

Mampaps, para ahli merekomendasikan pendinginan setidaknya 20 menit sebelum Mampaps memutuskan untuk mandi. Karena idealnya tubuh akan tetap mengeluarkan keringat 20-30 menit setelah olah raga selesai.

Gerakan pendinginan ini bertujuan agar detak jantung dan suhu tubuh kembali normal.

Bagaimana dengan anak-anak?

Peta serta anak-anak kita. Kalau sudah olahraga jangan langsung dimandikan. Ajak si kecil istirahat dulu, dan jangan lupa sediakan air minum biar si kecil tidak dehidrasi.

Baca Juga: Si Kecil Mandi Sendiri? Ini adalah awal karirnya!

Begitu, Mampaps, mandi setelah olah raga tidak mengancam kesehatan selama Mampaps memberikan jeda antara olah raga dan mandi agar badan lebih sejuk terlebih dahulu sebelum langsung mandi.

Postingan Mandi Setelah Latihan, Bisakah Anda Manjakan Diri? muncul pertama kali di Mamapapa.id.