Optimalkan Program Hamil Ibu dan Ayah dengan Konsumsi Asam Folat

Asupan nutrisi selama si kecil kesehatan perlu direncanakan sebelum kehamilan. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Rencana ini memastikan bahwa Bunda dan Ayah menjaga dan memberikan nutrisi penting yang masuk ke dalam tubuh, terutama asam folat, selama program kehamilan.

Asam folat perlu dikonsumsi oleh Ibu dan Ayah, agar mendukung pembentukan DNA sehat pada janin. Yuk, cari tahu peran apa asam folat dalam program kehamilan Ibu dan Ayah.

Pentingnya asam folat bagi bapak untuk program hamil

asam folat untuk program hamil

Ayah dan ibu memiliki andil yang sama dalam menentukan masa depan janin, sebelum memasuki masa kehamilan. Masa depan janin ditentukan oleh nutrisi yang Anda konsumsi sekarang.

Asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B yang penting dalam mengurangi risiko cacat lahir. Selama menjalani program kehamilan, asam folat berperan penting dalam mendukung kesehatan sperma. Sperma yang sehat dapat memberikan DNA yang berkualitas baik untuk perkembangan janin.

Ada hubungan erat antara pola makan pria dan kualitas spermanya. Suplementasi asam folat berperan penting dalam menjaga kualitas sperma. Kualitas sperma dinilai dari pergerakan, bentuk dan jumlah sperma pada pria.

Sementara itu, di halaman Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris, mengatakan konsumsi asam folat secara signifikan dapat mengurangi kelainan sperma atau sel sperma yang tidak sehat pada pria.

NHS memaparkan hasil studi bahwa konsumsi asam folat yang tinggi dapat mengurangi 19% kemungkinan kelainan sperma dibandingkan dengan konsumsi asam folat dalam jumlah sedang. Dengan catatan, pria dalam keadaan sehat dan tidak merokok.

Ketika seorang ayah mempersiapkan dirinya dengan asupan asam folat yang tinggi, ia juga meminimalkan risiko berikut pada janin:

  • Sindrom Tiga X, kelainan genetik karena kromosom X ekstra. Hal tersebut dapat menghambat perkembangan belajar anak, melakukan aktivitas fisik akibat kelemahan otot.
  • Kesempatan Sindrom Down, kelainan genetik akibat kelebihan kromosom 21. Hal ini mengakibatkan anak mengalami kesulitan belajar.

Lalu, berapa banyak asam folat yang perlu Anda konsumsi? Para ayah perlu mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram atau 0,4 mg asam folat untuk program kehamilan.

Nah, kini Anda sudah tahu bahwa peran ayah tak kalah pentingnya untuk program kehamilan ini. Selanjutnya, cari tahu pentingnya asupan asam folat yang Anda konsumsi sebelum hamil.

Konsumsi asam folat untuk ibu dalam perencanaan kehamilan

makanan yang mengandung asam folat

Saat menjalankan program kehamilan, Anda juga perlu mengonsumsi asam folat untuk membantu pembentukannya tabung saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf pusat.

Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat lahir, seperti:

  • Spina bifida, bila tulang belakang dan sumsum tulang belakang tidak sepenuhnya terbentuk
  • Anencephaly, otak belum berkembang sepenuhnya
  • Ensefalokel, ketika jaringan otak menonjol keluar dari kulit melalui lubang di tengkorak

Namun, kondisi ini masih bisa dicegah asupan tinggi asam folat selama persiapan sampai kehamilan.

Untuk konsumsi asam folat, sebaiknya dilakukan minimal tiga bulan (paling lama) hingga 12 minggu selama kehamilan. Namun, bahkan selama kehamilan, asam folat tetap dibutuhkan untuk membantu perkembangan si kecil di dalam kandungan.

Asam folat harian yang perlu dikonsumsi minimal 400 mikrogram per hari selama perencanaan kehamilan. Bunda dan bapak juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang perencanaan diet asam folat untuk perencanaan kehamilan.

asam folat pada wanita hamil

Makanan tinggi asam folat untuk program hamil

vitamin b9 asam folat

Ayah dan ibu tak perlu bingung, asam folat mudah ditemukan dari makanan sehari-hari. Berikut makanan yang mengandung asam folat:

  • sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kol, bayam
  • kacang
  • jeruk
  • beras merah

Selain makanan, Bunda dan Ayah juga bisa mengonsumsi asam folat melalui suplemen. Namun, bacalah terlebih dahulu aturan minum pada label kemasan.

Agar meminum suplemen kehamilan tidak membosankan, calon ibu dapat memilih susu kehamilan yang diperkaya dengan nutrisi makro dan mikro lengkap seperti asam folat, omega 3 & 6, kalsium, zat besi dan vitamin D3 dengan rasa susu yang enak dan dapat diminum hangat-hangat. atau dingin..

Jangan lupa untuk terus mendidik diri sendiri nutrisi penting lainnya selama program kehamilan, agar janin tumbuh dengan sehat. Asam folat ibarat fondasi yang akan menentukan perkembangan janin kelak. Semoga janin Anda terus tumbuh dengan baik, ya!

Postingan Mengoptimalkan Program Kehamilan Ibu dan Ayah dengan Mengkonsumsi Asam Folat muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Posisi Tidur Bayi yang Baik dan Benar Sesuai Usianya