Pedagang di Pos 4 Gunung Lawu Sakit, Puluhan Sukarelawan Turun Tangan Untuk Evakuasi

Pedagang di Pos 4 Gunung Lawu Sakit, Puluhan Sukarelawan Turun Tangan Untuk Evakuasi

Solopos.com, KARANGANYAR – Puluhan relawan di Kabupaten Karanganyar yang tergabung dalam tim SAR gabungan mengevakuasi salah satu pemilik warung yang berjualan di Gunung Lawu, Selasa (5/1/2021). Pemilik toko bernama Rina, 50 tahun, yang kini sedang sakit.

Bersama suaminya, Robet, Rina membuka toko di pos 4 jalur pendakian Gunung Lawu melalui Cemara Kandang. Sejumlah pendaki mengenal kawasan itu dengan Cokro Suryo. Rini kini harus dievakuasi karena sakit untuk dibawa ke rumah sakit

Menurut informasi, Robet-lah yang meminta bantuan relawan untuk mengevakuasi istrinya, Rina, yang merupakan warga Bojonegoro, Jawa Timur. Kemudian, sekitar 20 relawan dari Anak Gunung Lawu (AGL) yang dipimpin oleh Purharyanto alias Terbaik datang ke pos 4 Gunung Lawu. Mereka mengevakuasi Rina pukul 10.00 WIB.

Dongkrak Promosi, Karanganyar Berharap Sektor Pariwisata Bisa Pulihkan Perekonomian

Best, sapaannya, mengatakan Rina dalam kondisi sakit sehingga proses evakuasi dilakukan dengan tandu. Langkah ini diambil karena Rina tidak bisa berdiri dengan berjalan kaki. “Ada 20 orang yang tiba di pos 4 tadi pagi. Kami menginap di warung karena lumayan luas. Bu Rina sudah pernah diperiksa oleh anggota PMI Cabang Karanganyar. Kondisi tidak memungkinkan untuk turun jalan kaki sehingga mereka akan meregang, "kata Best saat berbicara dengannya. Solopos.com melalui telepon seluler.

Tim SAR gabungan di pos 4 mempersiapkan diri dan sarana untuk membimbing Rina turun. Proses evakuasi dimulai pukul 10.00 WIB karena satu pertimbangan. Salah satunya adalah kesiapan tim evakuasi. Paling baik menceritakan kondisi Rina saat hendak dievakuasi.

“Menurut suaminya, Bu Rina sudah sakit sejak seminggu yang lalu. Awalnya dia flu biasa. Lalu dia tidak suka makan. Tiap makan nasi dia keluar. [muntah]. Ini Nyonya Rina yang mengeluh sesak nafas. Suami menghubungi temannya yang sering naik antar barang. Temannya memberitahu para relawan di pos pendakian Cemara Kandang. Lalu ini dievakuasi, ”ujarnya.

Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo menargetkan perolehan kursi sebanyak 8 kursi

Baca:  Begini Sosok Andhi Novalia Di Mata Ketua KPU Wonogiri

Menurut Best, pasangan suami istri itu membuka warung di pos 4 Gunung Lawu sejak tiga atau empat tahun lalu. Warung tersebut, kata Agung, merupakan satu-satunya yang ada di pos 4 Gunung Lawu yang melalui jalur pendakian Cemara Kandang. “Kami siap memandu Bu Rina dari pos empat. Nanti pakai sistem estafet. Di pos tiga ada tim yang menunggu. Nanti mereka bergiliran membimbing,” ujarnya.

Pikirkan Istri Wakil Bupati

Sementara itu, Tri Puji Sugiharto, On Scene Commander (OSC) Basarnas Pos SAR Surakarta, mengungkapkan sekitar 60 relawan dari berbagai komunitas berupaya membantu mengevakuasi para korban. Tim tersebut terdiri dari Basarnas Pos SAR Surakarta, AGL, BPBD Kabupaten Karanganyar, PMI Cabang Karanganyar, Tim SAR Karanganyar, dan relawan lainnya. Mereka adalah anggota tim SAR gabungan.

Proses evakuasi dimulai pada Selasa pagi pukul 00.15 WIB dipimpin oleh Pos SAR Surakarta. Prosesnya dimulai dengan koordinasi di pos pendakian Cemara Kandang. “Tadi malam kami mendapat informasi bahwa ada yang selamat butuh pertolongan. Pernah salah informasi karena dikira istri Wakil Bupati Karanganyar. Ternyata Pak Robet bukan Pak Rober. [nama Wakil Bupati Karanganyar], "kata Tri saat berbicara dengan Solopos.com Melalui telepon.

570.156 Warga Karanganyar Bakal Jadi Target Vaksin Covid-19, Kapan Dimulai?

Tim yang terbagi menjadi beberapa unit penyelamat pencarian (SRU) dari pos pendakian Cemara Kandang dilakukan secara bertahap. SRU satu berangkat pukul 00.15 WIB. SRU dua pukul 02.10 WIB. SRU tiga berangkat pukul 07.30 WIB. Mereka akan menempati pos masing-masing.

"Posisi penyintas aman. Tim pertama berangkat bersama PMI Cabang Karanganyar untuk memastikan kondisi penyintas. Nanti, secara bergantian diregangkan ke bawah atau relay per tiang. Sudah ada tim di setiap pos menunggu. "

Pos Pedagang di Pos 4 Gunung Lawu Sakit, Puluhan Relawan Intervensi Evakuasi muncul pertama kali di Solopos.com.