Polresta Solo Periksa 2 Saksi terkait Dugaan Pembobolan Rekening Maybank

Polresta Solo Periksa 2 Saksi terkait Dugaan Pembobolan Rekening Maybank
Pegawai lulus di depan Kantor Cabang Maybank Indonesia di Jakarta, Kamis (27/6/2019). (Bisnis-Himawan L. Nugraha)

Solopos.com, SOLO – Satreskrim Polresta Solo masih menyelidiki dugaan pembobolan rekening Maybank milik nasabah Candraning Setyo, warga Blulukan, Colomadu, Karanganyar.

Polisi telah memanggil dua orang untuk diinterogasi guna mengungkap dugaan pencurian akun tersebut.

Kasatreskrim Polresta Solo AKP Purbo Adjar Waskito mengatakan kepada wartawan, Jumat (20/11/2020), pihaknya telah menerima pengaduan atas dugaan pembobolan rekening nasabah Maybank pada Juli lalu.

BTNGM Ungkap Perilaku Satwa di Gunung Merapi Saat Ini Masih Normal

Menurut dia, sudah ada dua orang nasabah dan bank yang diperiksa. Namun, pihaknya masih mempelajari informasi tersebut.

“Sudah dua orang dimintai keterangan dari pihak masing-masing,” ujarnya mewakili Kapolres Solo Kombes Pol Ade Safri Sim Continak.

Sementara itu, seorang nasabah wanita, Candraning Setyo, saat ditemui wartawan belum lama ini menjelaskan bahwa dirinya menabung di Maybank Solo, Jl. Urip Sumoharjo, beberapa tahun. Dia bilang dia punya uang di rekeningnya sekitar Rp72 juta.

Inilah alasan logis bagi Deddy Corbuzier untuk tidak membakar produk Prancis

Namun, ketika ingin menggunakan uang itu untuk membiayai sekolah, ia terkejut karena tabungannya hanya Rp85.000. Ia pun mengadukan kejadian tersebut ke Polda Solo dengan surat No. STBP / 322 / VI / 2020 / Reskrim, Juli lalu. Pengaduan tersebut juga menyatakan bahwa hanya ada simpanan Rp.85.000 atau sekitar Rp. 72 juta.

“Saya sangat terkejut melihat keseimbangan yang saya miliki. Kami telah meminta penjelasan dari bank dan kami melaporkannya ke polisi. Saya mau uang saya kembali, tabungan untuk membiayai sekolah anak-anak, ”terangnya.

Kuasa hukum korban, Gading Satria Naingolan menjelaskan, kasus kliennya sudah dilaporkan ke Polda Solo.

Menurut dia, kasus tersebut dimulai pada Juni lalu. Pada waktu itu handphone Suami Candraning yang terkoneksi internet banking bank terkait tiba-tiba tanpa sinyal komunikasi. Candraning kemudian mendatangi kantor provider di area Laweyan untuk mengurus sim card tersebut.

Baca:  8 Tempat Konsultasi Psikolog di Yogyakarta, Semarang, Surabaya & Solo

Berhati-hatilah di Kantor Penyedia

Dijelaskannya, saat sinyal komunikasi terputus, ponsel tidak bisa digunakan seperti SMS, Whatsapp, atau telepon. Kemudian, Candra diberi sim card baru saat mengurus di kantor provider.

Beberapa saat kemudian, Candra hendak mencetak rekening koran. Namun, ada lima transaksi yang tidak pernah dilakukan Candra. Diduga pembobolan itu terjadi saat Candra kehilangan sinyal komunikasinya.

Mengungkap Manfaat Herbal untuk Mendukung Kekebalan Terhadap Covid-19

Juru bicara PT Bank Maybank Indonesia, Tomy Herysaputera, mengklaim Maybank Indonesia menerapkan sistem keamanan digital perbankan yang tinggi. Maybank Indonesia menyelidiki hilangnya uang tabungan milik Candraning Setyo, warga Colomadu, yang melaporkannya ke Polda Solo.

Dalam pernyataan sikap diterima Solopos.com Rabu (18/11/2020) mengatakan, menanggapi laporan nasabah bank yang kehilangan uang senilai Rp72 juta, pihaknya mengatakan transaksi yang dilakukan nasabah adalah transaksi perbankan digital dan bukan transaksi di kantor cabang.

Memastikan Integritas dan Keamanan

Ia menambahkan Maybank Indonesia menerapkan standar keamanan yang tinggi untuk sistem perbankan digital yang telah diatur oleh otoritas. Ini untuk memastikan integritas dan keamanan dana dan transaksi nasabah.

“Terkait keluhan nasabah yang kami terima sejak Juni lalu terkait hilangnya dana Rp 72 juta di rekening bank, hasil penyelidikan kami menunjukkan telah terjadi transfer dana melalui perbankan seluler pelanggan, "kata Tomy.

Dia mengatakan, pemeriksaan Maybank menunjukkan transaksi transfer dana dari rekening nasabah ke pihak ketiga dilakukan sesuai mekanismenya. Kemudian, transaksi telah melalui fitur keamanan yang ditentukan dalam transaksi melalui perbankan seluler.

Postingan Polda Solo Memeriksa 2 Saksi Terkait Dugaan Pembobolan Rekening Maybank muncul pertama kali di Solopos.com.