Sehatkan Janin, Ini 7 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil!

sumber: firstcry.com

Saat Anda hamil, kebutuhan nutrisi Anda lebih banyak dari biasanya. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil adalah buah. Selain rasanya yang enak, buah-buahan juga mudah ditemukan dan memiliki harga yang cenderung terjangkau. Beberapa buah mengandung bahan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Apa sajakah buah yang baik untuk ibu hamil? Yuk simak selengkapnya.

Baca Juga: 17 Makanan Untuk Mengurangi Mual pada Ibu Hamil!

Rekomendasi Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Seperti yang diketahui bahwa buah memiliki nutrisi penting bagi tubuh ibu hamil dan janin. Misalnya vitamin, beta karoten, asam folat, kalium, dan masih banyak lagi. Untuk porsinya, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi 2-4 kali sehari dengan ukuran porsi satu mangkuk penuh buah potong. Berikut beberapa buah buahan yang baik untuk ibu hamil dan tentunya menyehatkan.

apel

Apel merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai disekitar kita. Buah yang baik untuk ibu hamil ini memiliki banyak nutrisi yang menyehatkan bagi janin. Seperti vitamin A, C, D, E, serat dan seng. Selain memiliki rasa yang manis, apel juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin serta berperan dalam menjaga sistem kekebalan dan saluran pencernaan.

Pir

Masih satu spesies dengan apel, buah pir mengandung asam folat yang sangat diperlukan untuk ibu hamil. Selain asam folat, buah pir juga mengandung kalium. Melaporkan dari Nutrisi Hari Ini, asam folat berperan dalam meregenerasi sel tubuh dan janin. Seratnya yang tinggi juga menjadi camilan saat ibu hamil mengalami sembelit.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Hamil

Buah yang bagus untuk ibu hamil

Semangka

Kandungan air yang sangat tinggi pada buah semangka menjadi kebutuhan ibu hamil. Sebab, kandungan air bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh pada ibu hamil. Tak hanya itu, semangak mengandung vitamin A, C, D B6, magnesium, dan kalium. Jika Bunda mengalami morning sickness, cobalah makan buah yang satu ini. Konon, semangka bisa meredakan rasa mual dan meredakan bengkak di tubuh, Ma.

Baca:  Jadi Favorit, Pemakaian Masker Scuba Dilarang Ma!

Jeruk Melon

Jeruk melon (melon jingga) masih langka di pasaran. Namun faktanya melon jenis ini memiliki nutrisi sehingga menjadi buah yang baik untuk ibu hamil dan janin. Warna oranye pada melon mengandung beta karoten atau prekursor vitamin A. Nantinya vitamin A akan berperan penting dalam penglihatan dan pertumbuhan rambut janin.

Selain itu jeruk melon juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil dan janin. Morning sickness juga bisa diobati dengan jeruk melon lho, Bu, karena mengandung vitamin B yang bisa mengurangi rasa mual dan mulas.

Jambu biji

Bu, bayangkan saja. Jambu biji merah sangat baik dikonsumsi ibu hamil dengan cara di jus atau dimakan langsung. Vitamin A dan C pada jambu biji bisa menangkal radikal bebas bagi ibu hamil. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas dapat menghambat perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, masih banyak nutrisi penting lainnya seperti serat, kalium, dan fosfor.

Baca Juga: 7 Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu zat yang banyak mengandung vitamin B, C, asam folat dan kalium yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah alpukat, perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi akan terbantu. Meski begitu, kandungan lemaknya yang tinggi membuat ibu hamil tidak dianjurkan makan lebih dari satu buah per hari.

Mangga

Mangga memiliki banyak nutrisi penting seperti kalsium dan serat yang tinggi, vitamin C dan A. Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah dan merupakan elektrolit yang dapat menjaga cairan dalam tubuh ibu hamil.

Baca Juga: Inilah Beberapa Makanan Penguat Kandungan Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Nah itulah 7 buah buahan yang baik untuk ibu hamil karena dapat menyehatkan ibu hamil dan janin. Bergairah tentang kehamilan dengan selera, Bu

Postingan Bikin Janin Sehat, Inilah 7 Buah Baik untuk Ibu Hamil! muncul pertama kali di Mamapapa.id.