Serba Serbi Omega-6, Nutrisi Penting untuk Ibu dan Bayi

Nutrisi merupakan salah satu faktor utama untuk memastikan kehamilan yang lancar dan sehat. Tidak hanya saat hamil, nutrisi harus diperhatikan sejak sebelum hamil (prenatal) dan juga setelah melahirkan (post natal). Di antara berbagai nutrisi, omega-6 merupakan salah satu yang harus diperhatikan oleh ibu hamil karena memiliki manfaat dan peran utama dalam menjaga kesehatan calon buah hati.

Pasalnya omega-6 penting bagi ibu hamil

Mungkin sebagian besar dari Anda lebih mengenal asam lemak omega-3. Padahal, omega-6 tidak kalah pentingnya dan asupannya perlu disiapkan selama masa kehamilan.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Jurnal Nutrisi & Metabolisme Perantara Di tahun 2016, asupan asam lemak omega-3 dan 6 yang seimbang perlu dijaga selama masa kehamilan. Asam lemak ini memiliki fungsi penting bagi janin dalam perkembangan saraf.

Setiap asam lemak omega-3 dan 6 yang masuk ke dalam tubuh yang terkumpul atau dikumpulkan oleh janin harus berasal dari ibu melalui plasenta.

Omega-6 sendiri akan berubah menjadi Asam Arakidonat (AA) saat dikonsumsi. AA berperan dalam membangun setiap sel yang ada di dalam tubuh, termasuk pembentukan sel darah.

AA berperan sebagai prekursor yang nantinya akan berubah menjadi senyawa aktif yang terbentuk di dalam tubuh yang disebut eicosanoids. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan omega-3 dan 6 yang seimbang, eikosanoid ini tidak akan menyebabkan peradangan.

Selain itu, omega-6 membantu mengurangi risiko cacat pada bayi saat lahir dan berperan dalam kinerja fungsi DNA.

Sumber makanan dan asupan omega-6 yang direkomendasikan

Melaporkan dari health.harvard.edu, asam lemak omega-6 tidak hanya aman dikonsumsi, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Beberapa sumber omega-6 terbaik meliputi:

  • Biji bunga matahari dan minyaknya
  • Kedelai
  • Jagung
  • Kenari

Beberapa jenis makanan di bawah ini juga merupakan sumber omega-6 dan Anda mungkin sudah sering mengkonsumsinya, padahal kandungannya tidak sebanyak yang disebutkan di atas, diantara:

  • Daging merah dan unggas, seperti ayam
  • Roti, nasi, hingga pasta
  • Susu dan produk olahannya
  • Ikan dan makanan laut
  • telur

Kebutuhan omega-6 dan juga omega-3 juga dapat berasal dari susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil. Keunggulan minum susu kehamilan adalah komposisi omega-3 dan 6 sesuai rasio yang dianjurkan.

Tak hanya omega-6, ada nutrisi penting lainnya yang harus dipenuhi dan bisa didapatkan dalam susu kehamilan. Misalnya kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, beberapa jenis vitamin, serta zat besi untuk mencegah anemia, mengurangi risiko keguguran, kelahiran prematur, bayi berat lahir rendah, dan pendarahan saat melahirkan.

Satu hal yang perlu diingat, omega-6 juga sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asupan asam lemak omega-3 dan 6 harus tetap seimbang agar Anda mengonsumsinya dengan cukup 1,4 gram per hari.

Hal ini ditegaskan oleh a penelitian dari Jurnal Fisiologi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi omega-6 tiga kali lipat dari jumlah yang disarankan dapat membahayakan kehamilan.

Misalnya, Anda bisa mengonsumsi ikan sebagai sumber omega-3 dan diimbangi dengan menambahkan makanan sumber omega-6, seperti biji bunga matahari atau minyak.

Pada dasarnya ibu hamil memang harus menjaga dan memperhatikan asupan makanannya agar si kecil dalam kandungan mendapatkan semua asupan nutrisinya untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Ini termasuk asam lemak omega-6.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi sumber makanan yang beragam dan tentunya kaya nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, buah dan sayur. Selain itu, Anda bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi susu kehamilan. Susu kehamilan dengan nutrisi makro dan mikronutrien lengkap dapat menjadi suplemen alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari selama kehamilan.

Postingan All About Omega-6, Nutrisi Penting untuk Ibu dan Bayi muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Serena lewati Sakkari untuk capai perempatfinal US Open